PRADABES77

Gudep 16.221 - 16.222 Ambalan Pattimura dan Cut Nyak Dien (Jl. Ahmad Yani no.77 Brebes)


Tuesday, November 14, 2017

Mari Mengepak Ransel Dengan Baik



        Mungkin berkemah sudah menjadi sebuah rutinitas bagi kakak - kakak pramuka, bahkan kemah pun bisa dibilang sebagai image dari pramuka. Berbicara mengenai berkemah merupakan hal yang mengasikan untuk dibicarakan. bahkan sebelum berkemah tentu kita semua mempersiapkan matang - matang apa yang harus dibawa, tentunya kita tidak ingin ada barang yang tertinggal bukan?

        Namun, karena itu juga terkadang kita membawa barang dengan sangat lengkap yang mengakibatkan tas menjadi sangat berat dan mungkin beberapa dari kita tidak menatanya, namun hanya sekedar memasukkannya ke dalam tas yang mengakibatkan tas terlihat sangat besar.
Untuk mengatasi hal tersebut terjadi tentulah seharusnya kita menata ransel kita dengan baik agar terlihat efisien dan bahkan akan terasa lebih ringan jika kita menatanya dengan baik.

Berikut adalah tips mengepak ransel ddengan baik: 

1. Letakkan barang ringan di bagian bawah sedangkan barang berat di bagian atas dan dekat dengan punggung.

2. Barang-barang yang diperlukan paling akhir (misalnya peralatan camping dan tidur), ditaruh di bagian bawah dan barang yang sering dikeluar-masukkan(seperti jaket, jas hujan, botol air) di bagian atas.

3. Jangan biarkan ada ruang kosong dalam ransel. Contoh, manfaatkan bagian dalam panci sebagai tempat menyimpan beras.

4. Gulungan matras sebaiknya dimasukkan secara berdiri dan menjadi dinding tas ransel agar barang2 di dalamnya lebih terlindungi. Dengan kata lain, barang berada dalam gulungan matras.

5. Jika tas kakak tidak menggunakan rain cover, sebaiknya seluruh barang dimasukkan ke dalam trash bag dan diikat agar terlindung jika terkena hujan, namun harus tetap menjaga kepadatan dan susunan yang sesuai.

6. Barang-barang kecil (korek, headlamp, pisau, permen, kamera, uang, dll) yang sangat diperlukan selama mobilitas, sebaiknya dimasukkan dalam tas pinggang atau saku ransel agar tidak bongkar-pasang jika mendadak diperlukan.

Mengepak pakaian dengan cara melipat baju seperti di lemari di rumah, memiliki kelemahan yaitu lipatan baju mudah terurai. Karena itu, cara mengepak baju-baju adalah dengan digulung. Caranya adalah:

- Lipat baju memanjang dengan ukuran sesuai kantong baju

- Gulung erat-erat, tapi hati-hati agar tidak kucel dan tidak melar.

- Ikat dengan karet gelang agar gulungan tidak terbuka tanpa sengaja.

- Atur rapi di kantung supaya yang sering dipakai berada di atas.

No comments:

Post a Comment